.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 29 Agustus 2015

Martabak Manis Coklat-Kacang #Part 2 Masih Empuk Sampai Besok!

Beberapa waktu lalu setelah beli krim muka di klinik kecantikan langganan, saya mlipir sebentar ke Tbk Fortune yang berada tepat disebelahnya. Saat itu yang saya lakukan hanya window shopping, kemudian mengambil brosur kursus memasak. Dalam brosur sudah terjadwal dalam satu bulan akan diadakan kursus apa saja, saya baca jadwalnya hingga sampai pada deret minggu ke-3, ada yang menarik perhatian saya di deretan itu, ada jadwal dengan materi Martabak Manis/Kue Bandung dong!!! deret jadwal kursus selanjutnya langsung dicuekin!! ^_____^

Nahhhh ini diaaaaa...iniiiniihhh...yang kemarin jadi PR kenapa si martabak keju-susu nggak bisa kenyal dan empuk bakalan dapet jawabannya segera! Untungnya hari sabtu nggak ada acara kemana-mana jadinya bisa daftar untuk ikut kursusnya. Begitu dateng ternyata nggak cuma ibu-ibu aja, ternyata ada bapak-bapak juga, saya pikir mereka niat ikutan kursus pasti buat jualan, nggak mungkin kan cuma karena iseng ikut kursus bikin martabak seperti saya  wwkwkwk..

Dalam sesi kursus banyak sekali tanya jawab dengan chef-nya, kenapa harus pake tepung ini, kenapa nggak pakai baking powder, kenapa harus pakai susu uht, bagaimana jika air yang digunakan diganti susu seluruhnya, mengapa adonan harus ditepok-tepok, kenapa permukaan atas martabak harus bersarang, dan masih banyak pertanyaan lainnya ^^

Nahhh, jika di resep martabak sebelumnya saya bilang bahwa untuk membuat homemade martabak manis nggak ribet, saatnya saya berbagi pengalaman membuat martabak yang "menurut saya" selain harus niat harus spare tenaga lebih, kenapa? untuk membuat adonan ini tangan kita harus udah siap pegel-pegel ^___^  terbukti tangan kanan saya agak-agak kemeng gimanaaa gitu setelah membuat adonan ini, bayangkan 60 menit nepok-nepok adonan tanpa berhenti?!?! gak mungkin gak kemeng kaaaannn! *langsung telepon tukang massage* hahahahah!

Meskipun harus merasakan tangan yang kemeng, tapi hasil martabak ini membuat rasa kemengnya terobati, rasanya enak dan empuk (meskipun tekstur kenyalnya nggak ada) tapi yang saya suka sampai besok pun martabak ini masih tetap empuk loh!

Baiklah, sudah panjang lebar curcolnya wkwkwkwk.... saya akan berbagi resep hasil kursus yang saya ikuti, resep ini bisa digunakan juga untuk resep martabak mini, saya hanya membuat 1/2 resep saja hasilnya jadi 2 loyang martabak manis dengan tetap menggunakan teflon uk.18cm

Siapa bilang kita nggak bisa bikin martabak yang enak dan empuk di rumah? Jika teman-temin mempunyai niat untuk menjual martabak,  gak ada salahnya trial dengan resep ini ^^

Yukk eksekusi :)


.: Martabak Manis Coklat - Kacang :.
source: fortune cooking class, modified by : yurike sasaki


Bahan-bahan Martabak untuk 2 loyang uk. 18cm:

160gr terigu protein sedang (saya pakai tepung merk Bola-bola salju)
35gr terigu protein tinggi (saya pakai merk Golden Crown)
40gr gula pasir
150ml air matang
130ml susu cair UHT 
1/4sdt vanilli bubuk
1/4sdt garam
2butir kuning telur
1/2 sdt soda kue

 Note : saya mengganti air dengan susu, jadi bahan cair saya ganti dengan susu seluruhnya

Topping & Pelengkap :
Margarin untuk mengoles
gula pasir
kacang sangrai tumbuk
coklat meises
susu kental manis, sebagai perekat


Cara membuat :
Dalam wadah, masukkan terigu, gula pasir, garam, dan vanilli bubuk, aduk rata, buat lubang ditengahnya. Kocok kuning telur, tuang ke dalam susu UHT, aduk hingga rata. Tuang air dan susu ke tengah adonan terigu, aduk hingga rata (diaduk berputar, adonan jangan diremas). tepuk-tepuk adonan dengan telapak tangan hingga kedasar wadah selama 30 - 60 menit. Saring. Tutup adonan dengan plastic wrap/kain, istirahatkan adonan kurleb 3jam. Bagi dua adonan sama banyak. (jika sebagian adonan tidak akan dibuat saat itu juga, masukkan ke dalam kulkas)



Panaskan teflon dengan api kecil, campur soda kue dengan 1sdm air, aduk rata. Tuang cairan soda kue ke dalam adonan martabak, aduk hingga benar-benar rata. diamkan kurleb 5 menit sambil menunggu teflon panasnya merata. 



Tes panas teflon dengan menuang satu tetes adonan, jika sudah benar-benar panas, tuang seluruh adonan, sapukan adonan ke pinggiran teflon menggunakan sendok sayur agar terbentuk pinggiran yang kokoh. Tunggu hingga keluar gelembung-gelembung di permukaan atas adonan, biarkan gelembung pecah dan membentuk rongga-rongga yang besar (mengapa harus berongga? supaya olesan mentega bisa masuk ke dalam rongga-rongga dan membuat tekstur martabaknya tetap empuk). jika permukaan martabak sudah tidak basah, taburkan gula pasir secukupnya, tutup teflon kurleb 3menit. Angkat martabak.


Beri martabak topping meises dan kacang sangrai, terakhir beri susu kental manis sebagai perekat agak coklat meises dan kacang sangrai tidak berantakan pada saat martabak di lipat dan dipotong-potong. Letakkan pisau di tengah-tengah kemudian potong martabak menjadi dua bagian, tumpuk jadi satu. Potong-potong martabak sesuai selera. 

Martabak Manis Coklat-Kacang siap dinikmati dengan keluarga tercinta, Martabak lebih enak dinikmati selagi panas/hangat *yummmm





This is it!!! Martabak manis coklat-kacang *yummm!

Enjoy!




4 komentar:

  1. Mba...adonannya disaring pake apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menyaring adonannya menggunakan ayakan tepung :)

      Hapus
  2. Apa waktu cooking class tekstur Martabaknya seperti itu mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo...yupp, teksturnya martabaknya sama dengan hasil waktu cooking class ^__^

      Hapus